Cara Promosi Produk Paling Jitu

Cara Promosi Produk Paling Jitu



Ketika anda membuka suatu usaha atau bisnis yang bergerak dibidang apapun , tentunya ingin berhasil dan sukses dengan hasil  yang sesuai dengan target yang sudah anda tetapkan , namun harus melalui beberapa proses , salah satunya dengan promosi , anda harus melakukan kegiatan promo , agar produk yang anda miliki dikenal dan dikonsumsi oleh banyak orang menurut manfaatnya serta Promosi agar sukses dan mencapai target , berbicara mempromosikan produk , ada dua cara , yakni promosi secara offline dan promosi secara online , lalu bagaimana Cara promosi produk paling jitu secara offline maupun online ? inilah caranya:

  • Promosi secara offline
Yang dimaksud dengan promosi offline adalah segala kegiatan promo yang dilakukan secara langsung didunia nyata. Bagi anda yang melakukan kegiatan promosi ini dapat dilakukan melalui beberapa tahap seperti :
  1. Membuat Masterplan kegiatan promosi , substansi dari masterplan diantaranya , menetapkan anggaran , membuat judul promo yang menarik , menyiapkan berbagai atribut promosi , tempat promosi yang strategis , membuat indikator pencapaian kesuksesan promosi , membuat audisi SPG dan SPB , dan mengevaluasi segala kegiatan promosi yang akan dilaksanakan.
  2. Menetapkan anggaran , suatu promosi yang akan dilaksanakan , tentunya harus memiliki anggaran yang memadai , agar promosi secara offline dilaksanakan dengan berhasil , anda dapat menetapkan anggaran sesuai dengan budget yang anda miliki serta kegiatan yang akan dilaksanakan , jangan lupa untuk menyisihkan anggaran atau biaya tidak terduga , karena hal-hal tidak terduga saat promosi dilaksanakan bisa saja terjadi , pasti membutuhkan biaya cadangan , maka dari itu ada baiknya anda menganggarkan dari total biaya promosi sebesar 10% untuk biaya tidak terduga.
  3. Membuat judul promo yang menarik , tentunya saat kegiatan promosi ingin menarik perhatian konsumen , buatlah suatu judul promosi yang menarik serta berbeda dengan promo-promo perusahaan yang lain , agar terkesan lebih fresh , hingga para konsumen dibuat penasaran dengan kegiatan promosi yang akan anda lakukan.
  4. Menyiapkan berbagai atribut promosi , sangat penting sekali media informasi yang mudah di akses oleh para konsumen , agar kegiatan promosi yang akan dilaksanakan diketahui oleh banyak orang , misalnya anda membuat brosur dan memasang reklame tentang manfaat , harga , tempat dimana produk anda dijual , serta waktu dan tempat pelaksanaan promo yang akan anda selenggarakan.
  5. Tempat promosi yang strategis , ada baiknya anda memilih beberapa tempat yang strategis , dengan barometer diantaranya , memperhatikan seberapa banyak orang yang lalu lalang di tempat yang anda pilih , berapa ukuran luas tempat yang anda pilih untuk promosi , terintegrasi dengan fasilitas sosial dan fasilitas umum , agar kegiataan promosi dapat berjalan dengan nyaman dan aman.
  6. Membuat indikator pencapaian kesuksesan kesuksesan promosi , tetapkan berapa nilai yang anda targetkan dalam pencapaian suatu promosi yang berhasil dan sukses , tanpa adanya indikator pencapaian , anda tidak akan mengetahui promosi yang anda laksanakan berhasil dan sukses atau tidak.
  7. Membuat audisi SPG (Sales Promotion Girls) dan SPB (Sales Promotion Boy) , sangat penting anda membuat suatu audisi , karena SPG harus cantik dan SPB harus tampan , agar menarik para konsumen.
  8. Memberikan Hadiah atau Undian , Ada baiknya anda memberikan suatu barang atau uang bagi konsumen yang beruntung mengikuti undian saat promosi dilaksanakan.
  9. Sosialisasikan manfaat produk yang anda miliki , saat nanti kegiatan promosi dilaksanakan , sosialisasikan manfaat produk anda pada konsumen bahwa produk anda lebih bermanfaat dari produk lain.
  10. Evaluasi , apabila draft diatas sudah anda buat , sebaiknya anda kembali mengevaluasi kembali , agar semuanya dapat di inventarisir dengan baik , maka dari itu anda sebaiknya harus melakukan meeting , agar hasil dari evaluasi tercapai dengan maksimal.
Nah anda sudah mengetahui cara promosi offline , kini bagaimana dengan promosi online ?
  • Promosi secara online
Yang dimaksud dengan promosi secara online adalah segala kegiatan promosi yang dilakukan secara langsung didunia internet.Pengaruh dunia internet di era globalisasi sangat besar.Kini dunia internet tidak hanya sekedar menjadi media informasi , namun banyak sekali kegunaan dunia internet , salah satu kegunaannya anda dapat melakukan promosi secara online didunia internet , lalu bagaimana cara promosi secara online ?
  1. Mempromosikan produk melalui media sosial seperti facebook , twitter , instagram , Blackbery messenger , whatsup , path , line , dan weechat, cara promosi online ini sangat hemat biaya , dengan menyiapkan kuota internet , laptop , dan waktu luang.
  2. Mempromosikan melalui website atau blog orang lain , anda dapat mencari website atau blog yang banyak pengunjungnya , usahakan ketika anda memasang iklan produk yang anda miliki , sesuai dengan niche blog atau websitenya , agar menarik pengunjung , anda dapat langsung menghubungi pemilik website atau blog ketika anda ingin memasang iklan , siapkan anggaran sesuai dengan budget yang anda miliki , iklan yang dipasang bisa saja berbentuk banner iklan dan spesifikasi produk yang berbentuk teks.
  3. Mendaftar pada Google AdWords , sebaiknya anda mengikuti program iklan ini , agar produk anda lebih familiar , dan terlihat lebih profesional.
  4. Memasang iklan di blog atau website anda sendiri , cara ini pun sangat menghemat biaya , karena anda cukup mempunyai blog atau website , akan tetapi sebaiknya website atau blog anda mempunyai trafik/pengunjung yang banyak setiap harinya.
Itulah promosi secara offline dan promosi secara online , kedua-duanya merupakan cara promosi produk paling jitu , sebaiknya anda melakukan cara-cara promosi diatas , agar usaha atau bisnis anda dapat meningkat omsetnya , semoga artikel ini bermanfaat.
Lebih baru Lebih lama